Print this page

Apa itu Bekam ?

10 May 2014 Written by 
Published in Info Bekam

bekam

 Bekam mempunyai beberapa sebutan, seperti : canduk, canthuk, kop, atau mambakan.  Di Eropa disebut cupping dan fire bottle.

 Dalam bahasa Mandarin disebut Pa Hau Kuan.  Dalam bahasa arab disebut Hijamah, dari kata al-hijmu yang berarti pekerjaan, yaitu membekam. 

 Al-Hajjam berarti ahli bekam.   Al-Hijmu berarti menghisap atau menyedot. 

 Maka secara bahasa, bekam berarti menghisap. 

 Menurut istilah, bekam berarti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkan darahnya dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung di dalam gelas.

 

Sedangkan kitab-kitab Arab, memberikan pengertian tentang bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Allah Ta'ala.

Sejak zaman Mesir kuno, pembersihan darah merupakan salah satu penyembuhan penyakit dengan cara pengeluaran darah dari dalam tubuh. Bekam (Al-Hijamah ) sudah merupakan pengobatan sejak zaman sebelum Nabi Muhammad menggunakan Tanduk.

Bekam merupakan metode pengobatan Nabi SAW dengan cara detoksifikasi yaitu metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dan darah beku (statis) yang ada dipermukaan kulit. Hail ini disebabkan adanya penumpukan toksin ( racun) didalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman instan berbahan kimia seperti pewarna,pengawet, perasa/MSG buatan, zat pengembang, polusi udara dan obat-obatan berbahan kimia yang tidak dapat diurai oleh sistem pencernaan tubuh dan tidak dapat dikeluarkan melalui sistem pembuangan.

 

 

Read 328136 times Last modified on Wednesday, 18 March 2015 03:33
Rate this item
(4 votes)
Administrator