Bagaimana Cara Kerja Bekam ?

12 May 2014 Written by 
Published in Info Bekam

 

Menurut Dr. Wadda’ A. Umar, cara kerja bekam : apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam, maka akan terjadi kerusakan pada kulit, jaringan bawah kulit (sub kutis), fascia dan ototnya. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin, histamine, dan bradikinin, serta zat-zat lain yang belum diketahui. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol pada daerah yang dibekam. Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku serta akibat vasodilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bekam pada titik tertentu dapat menstimulasi kuat syaraf permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C, serta traktus spinothalamicus ke arah thalamus yang akan menghasilkan endorphin, suatu zat yang berfungsi dalam persepsi rasa sakit. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut aferen simpatik menuju ke motor neuron dan menimbulkan refleks intubasi nyeri yang nantinya semua itu akan mengurangi rasa sakit.

Read 638664 times Last modified on Wednesday, 18 March 2015 08:36
Rate this item
(0 votes)

Kantor Pusat BRC

Alamat:
Jl. Kautamaan Istri No. 199 (Belakang Rumah No.22), Kel. Balonggede, Kec. Regol, Bandung 40251
Telephone:
(022) 4218720
Sms :
081.22.444.335
Website:
www.klik-brc.com
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tentang Kami

BRC (Bekam Ruqyah Center) merupakan Balai Pengobatan thibbun nabawi terbesar dengan memiliki lebih dari 48 cabang tersebar di seluruh indonesia, dan telah menangani sedikitnya 25.000 pasien per bln. klik profil brc

Gabung bersama kami